Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

LEMPAR CAKRAM


“LEMPAR CAKRAM”
Lempar cakram adalah cabang olahraga atketik dengan melemparkan sebuah benda kayu yang berbentuk piring berbingkai sabuk besi atau logam. Bentuk lapangan lempar cakram pada umumnya berbentuk seperti huruf C, dengan diameter 7 meter, mulut 3,3 meter. Sektor lemparan dibatasi oleh garis yang berbentuk sudut 40o di pusat lingkaran. cakram yang dilempar pada umumnya berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan. Lempar cakram diperlombakan sejak Olimpiade I tahun 1896 di Athena, Yunani.
Cara memegang cakram:
1.      Bagi seorang yang memiliki tangan cukup lebar,
a.       letakkan tepi cakram pada lekuk pertama dari jari-jari.
b.      Jari-jari sedikit renggang dengan jarak yang sama antara jari satu dengan lainnya.
c.       Cakram melekat pada telapak tangan tepat pada titik berat cakram atau sedikit di belakangnya.
d.      Makin panjang jari-jarinya, makin mudah memegang cakram dan cakram dapat dipegang erat-erat.
2.      Bagi seorang yang memiliki tangan yang lebih lebar,
a.       jari tengah dan jari telunjuk berhimpit dan jari-jari lainnya agak renggang.
b.      tekanan diutamakan pada jari-jari yang berhimpitan.
c.       Tekanan pada jari-jari ini yang mengatur putaran cakram sewaktu lepas dari tangan.
3.      Bagi seorang yang memiliki jari-jarin yang,
posisi jari-jari sama dengan cara yang pertama hanya letak tepi cakram lebih ke ujung jari-jari. Dengan sendirinya pegangan pada cakram tidak terlalu erat. Telapak tangan berarti berada di tengah-tengah cakram.


Cara memegang cakram pada umumnya



Teknik melempar cakram :
1)      Cara melakukan Awalan
a)  Lengan yang memegang cakram diayunkan ke samping kanan-belakang diikuti   oleh gerakan memilih badan ke kanan. Lengan kiri juga mengikuti gerakan ke kanan sedikit ditekuk di depan dada, kaki kanan sedikit ditekuk dan berat badan sebagian besar berada pada kaki kanan. Kaki kiri mengikuti gerakan dengan tumit agak terangkat.
b)  Cakram diayunkan ke samping kiri diikuti badan dipilin ke kiri dengan tangan kiri dibawa ke kiri juga. Berat badan dipindahkan ke kaki kiri, kaki kanan agak rileks dan tumit sedikit diangkat.
c)  Gerakan ayunan cakram ke samping kanan-belakang diulangi lagi.
2)      Ayunan Lengan Saat Melempar
a.  Kaki kanan ditolakkan untuk mengangkat panggul dari posisi rendah di atas kaki kanan didorong ke depan atas. Badan yang semula condong ke belakang dan terpilin ke kanan diputar ke kiri diikuti dengan gerakan panggul yang memutar ke kiri pula.
b.  Berat badan dipindahkan dari kaki kanan ke kaki kiri. Setelah badan menghadap arah lemparan penuh, bersiaplah untuk melempar cakram ke arah depan atas.
c. Cakram dilepas setinggi dagu dengan sudut lemparan kira-kira 30 °. Cakram terlepas dari pegangan dengan berputar searah jarum jam, putaran cakram terjadi karena tekanan dari jari telunjuk. Cakram terlepas pada saat cakram berada sedikit di depan bahu. Cakram yang lepas sebelum melewati bahu akan menjadi lemparan yang gagal. Hal ini karena lemparannya tidak akan jauh dan tidak akan masuk daerah lemparan. Sebaliknya, jika cakram terlepas agak terlambat, sudah sampai dimuka badan, hasil lemparan juga tidak memuaskan dan akan keluar dari daerah lemparan. Sampai di muka badan, hasil lemparan juga tidak memuaskan dan akan keluar dari daerah lemparan.
d.  Lemparan cakram diikuti dengan badan condong ke depan. Pandangan mengikuti jalannya cakram.
3)       Gerakan Akhir Setelah Melempar
a.  Setelah cakram terlepas, kaki kanan harus segera dipindahkan ke muka dengan sedikit ditekuk. Hal ini bertujuan untuk menahan agar badan yang condong ke depan tidak terlanjur ke luar lingkaran.
b. Kaki kiri dipindahkan ke belakang dan pandangan mata mengikuti jatuhnya cakram.
c.  Setelah lemparan dilakukan dan sah, pelempar segera keluar dari lingkaran dengan tenang melalui belahan bagian belakang, tidak dengan lari atau melompat.





Contoh gambar teknik lempar cakram




Teknik Melempar Cakram 1
Teknik Melempar Cakram 2

Gambar lapangan cakram
http://1.bp.blogspot.com/-Hf-wFbvO4Jg/TmYB6x12fOI/AAAAAAAAAnk/4ifsKRnLnXo/s1600/Lapangan+Lempar+Cakram.jpg

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

alen ardiansyah mengatakan...

bagus sih block'nya, tapi akan lebih baik lagi jika background'nya gc hitam.

Poskan Komentar